Kamis, 01 Desember 2011

Windows XP


Windows XP  adalah jajaran sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh Microsoft untuk digunakan pada kompeter pribadi, yang mencakup komputer rumah dan desktop bisnis, laptop, dan pusat media (Media Center).  Nama "XP" adalah kependekan dari "Experience". Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Professional dan Windows Me, dan merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitektur Windows NT. Windows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001, dan lebih dari 400 juta salinan instalasi digunakan pada Januari 2006.

Pek servis

Dilancarkan pada 9 September 2002, SP1 dilengkapi utiliti bagi membolehkan pengguna memilih perisian aplikasi utama bagi aktiviti seperti melayari laman web. SP1 juga menyokong USB 2.0 dan SATA. Sokongan terhadap SP1 tamat pada 10 Oktober 2006.
Windows XP SP2 dilancarkan pada 6 Agustus 2004 dengan memfokuskan terhadap keselamatan sistem. SP2 dilengkapi perisian firewall yang lebih bersepadu, sokongan Wi-Fi yang lebih baik, penyekat iklan "pop-up" pada Internet Explorer dan Pusat Keselamatan Windows yang memantau keadaan perisian antivirus, Windows Update dan perisian firewall. SP2 juga turut menyokong teknologi Bluetooth.
Windows XP SP 3 telah di sebarkan pada 23 April 2008 (bagi pelanggan TechNet dan MSDN) dan 6 Mei 2008 bagi pengguna umum.
Window XP adalah perkawinan atau gabungan dari sistem operasi berbasis Windows NT dan sistem operasi berbasis Windows 9x.
Kesan,,,!
Untuk penggunaan OS Window XP tidak ada masalah secara khusus..
Hanya saja dari segi launcing di tahun yg jadul untuk saat ini, fiturnya pun tidak selengkap seprti OS saat ini..
Seperti OS yang lain, XP pun punya kelas tertentu yg di dalamnya berbagai fasilitas tertentu seperti Pek Servis d atas. Untuk tampilanpun masiih terkesan klasik.



SOFTWARE
Merupakan program yang berisi instruksi atau perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan kegiatan seperti menghitung, menggambar, dan menghasilkan suara, sehingga ada komunikasi antara komputer dengan pemakai.
PERKEMBANGAN PEMBUATAN PERANGKAT LUNAK
          Bentuk paling primitif dari perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar / on) atau 0 (salah / off), cari ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32 bit).
          Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler.

Sistem Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasi yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System 7
Perangkat Lunak Bahasa: merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN
Aplikasi : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility.

      Untuk mengendalikan program kerja komputer secara mendasar, seperti :
          Mengatur media input        
          Proses                                                               
          Output
          Mengatur memori
          Penjadwalan processor
Perangkat Lunak Bahasa
Program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yg ditulis dalam bahasa mesin agar dapat diterima & dimengerti oleh komputer

Perangkat Lunak Bahasa
          Bahasa Tingkat Rendah
          Bahasa Tingkat Menengah
          Bahasa Tingkat Tinggi
          Bahasa dalam komputer yang menggunakan singkatan dan sudah mendekati bahasa sehari-hari.
          Program Fortran (Formula Translator)

PROGRAM  DATABASE
Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk merancang atau membuat serta mengelola data base.
          Dbase
          Foxpro
          Microsoft Acces

PROGRAM SPREADSHEET
Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk bidang keuangan, pembukuan, atau melakukan perhitungan secara otomatis.
          Lotus 123
          Microsoft Excel
          Quatro
          Supercheck


PROGRAM CAD (COMPUTER AIDED DESIGN)
Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk media lukis (alat lukis)
          Auto Cad
          Pro Design
          Corel Draw
          Adobe Photoshop

PROGRAM LAYOUT ARTIKEL (PUBLISHER)
 Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi khusus untuk mengatur tata letak obyek yang digunakan pada cover suatu media cetak/elektronik
          Page Maker
          Ventura
          Harvard Publisher
          Newmaster

Aplikasi Multimedia
   Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan beragam. Di katakan Multimedia karena selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat memproses / menampilkan dalam bentuk yang lain yaitu gambar, suara dan film.
Aplikasi Multimedia 
        MIDI (Musical Instrument Digital Interface) , format suara instrumen ini di perkenalkan pada tahun 1983 oleh perusahaan musik elektrik seperti Roland, Yamaha dan Korg. Format MIDI bersifat sangat kompak dengan ukurannya yang kecil, suara yang di hasilkan oleh MIDI dengan dukungan sound card yang memilik synthesizer (penghasil suara elektrik) sangatlah mirip dengan organ elektrik yang bisa memainkan berbagai alat musik.


        MP3, format suara yang terkenal saat ini berbeda dengan MIDI yang hanya instrument, MP3 merekam seluruh suara termasuk suara penyanyinya. Kualitas yang banyak di gunakan untuk merekam musik adalah standar CD-ROM (44,2 KHz, 16 bit, stereo), sementara kualitas terendah adalah kualitas seperti telepon (5 KHz, 8 bit, mono).
        AVI (Audio Video Interleave), format AVI di buat oleh Microsoft dan mudah di pindah-pindahkan di aplikasi buatan Microsoft lainnya seperti Word atau PowerPoint
        Quicktime, sama dengan AVI, Quicktime dapat digunakan baik di komputer berbasis Intel maupun Mac. Quicktime dapat menyaingin AVI di karenakan tingkat kompresinya yang lebih baik. Tingkat kompresi menentukan besar-kecilnya file yang akan menentukan pula besar-kecilnya media penyimpanan, dan lebar jalur data yang dibutuhkan untuk transfer.
        Aplikasi Internet adalah protokol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yang berjauhan.
        Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) atau sisi pengguna (client)
         HTTP (Hypertext Transfer protocol), merupakan aplikasi internet yang menampilkan baris kalimat, atau gambar, dengan beberapa kata yang di beri tanda garis bawah (hypertext). Dari hypertext ini, pengguna dapat melompat dari satu dokumen (page) ke dokumen lainnya. Perangkat lunak di sisi pengguna yang menjalankan http di kenal sebagai browser.

Aplikasi E-mail
         E-mail (Electronic mail), merupakan aplikasi surat menyurat di internet.
         Contoh perangkat lunaknya adalah Outlook Express
         E-mail (Electronic mail), merupakan aplikasi surat menyurat di internet.
         Contoh perangkat lunaknya adalah Outlook Express
         E-mail (Electronic mail), merupakan aplikasi surat menyurat di internet.
         Contoh perangkat lunaknya adalah Outlook Express
         E-mail (Electronic mail), merupakan aplikasi surat menyurat di internet.
         Contoh perangkat lunaknya adalah Outlook Express
         E-mail (Electronic mail), merupakan aplikasi surat menyurat di internet.
         Contoh perangkat lunaknya adalah Outlook Express
            Messenger di gunakan untuk berkomunikasi antara satu orang atau lebih (conference), selain komunikasi melalui teks (messsage), juga bisa berupa suara (voice) mapun film (webcam)

Aplikasi Games
   Merupakan salah satu program aplikasi bertujuan untuk menghilangkan stress atau mengisi waktu luang
  1. WE
  2. UBISOFT
  3. EA
  4. GAMELOFT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar